Selasa, 17 Mei 2016

ABOUT TOEFL

v PENGERTIAN TOEFL

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan test yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Test ini ditujukan bagi orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya. Umumnya, test ini digunakan sebagai salah satu prasyarat bagi seseorang yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di suatu negara yang menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikas sehari-hari. Selain TOEFL, masih ada beberapa jenis test lain yang hampir sama, yaitu IELTS, TOEIC dan ESOL.

TOEFL dikembangkan dan dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) yang berpusat di New Jersey, USA. tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test. Selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.

Test ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963. Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
1.    listening comprehension,
2.    grammar structure and written expression,
3.    reading comprehension, and
4.    writing.

Toefl juga diperlukan untuk memastikan bahwa siswa-siswa dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik. Antara lain untuk :
1.    Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill).
2.    Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
3.    Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).

Ada dua macam TOEFL, yaitu Institutional TOEFL dan International TOEFL. Penyelenggara dari International TOEFL adalah kantor di Amerika, dengan menunjuk lembaga-lembaga khusus yang tersebar di seluruh dunia. Adapun Institutional TOEFL biasanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa Inggris terkemuka, dimana soal-soal yang diujikan tetap mengacu pada model soal international TOEFL. Artinya, secara model dan tingkat kesulitan soal bisa dibilang realtif sama. Bedanya, khusus untuk tes Intitutional TOEFL, sertifikatnya tidakdiakui secara internasional

v JENIS-JENIS TOEFL

1.    Paper-Based Testing (PBT)
merupakan bentuk TOEFL Test yang menggunakan lembar jawaban berupa kertas. Ini merupakan sistem test pertama yang dikeluarkan oleh ETS. Dalam PBT, test yang dilakukan meliputi listening, structure dan reading. Rentangan skor yang diberikan adalah 310-677.
Selain itu, waktu yang diberikan untuk mengerjakan test ini sekitar 2-2,5 jam. Tapi, sejak bulan April 2006, test ini sudah tidak digunakan lagi di Indonesia. Saat ini, test ini masih digunakan di negara yang belum memiliki sistem test iBT.

2.    Computer-Based Testing (CBT)
merupakan test yang tak lagi menggunakan kertas. Semua test dilakukan dalam suatu komputer menggunakan software tertentu. Sistem test ini muncul pada tahun 1998. Kemampuan yang diujikan meliputi listening, structure, reading dan writing. Pada sistem ini, rentangan skornya adalah 0-300 dengan waktu pengerjaan antara 2-2,5 jam.

3.    Internet-Based Testing (IBT)
merupakan test yang paling populer dan banyak digunakan. Sistem test ini juga berbasis komputer, hanya saja test ini terhubung dengan jaringan internet, dengan demikian, test dilakukan secara online. Sistem test ini mulai dipublikasikan dan digunakan pada tahun 2005, tapi baru digunakan di Indonesia pada tahun 2006. Kemampuan yang diujikan meliputi reading, listening, writing dan speaking. Walau sistem ini banyak digunakan, tapi masih ada beberapa negara yang menggunakan sistem PBT.

v BAGIAN-BAGIAN TOEFL

Seperti apa bentuk soal TOEFL? Tentu, Anda dapat melihatnya di beragam buku yang membahas TOEFL. Sebagai gambaran awal, TOEFL biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu pemahaman dalam mendengarkan (listening comprehension), struktur dan ungkapan tertulis (structure and writing expression), dan pemahaman bacaan (reading comprehension).

1.    Listening Comprehension (50 soal, 30-40 menit)
Bagian ini menguji seberapa besar kemampuan Anda dalam mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Percakapan ini terdiri dari percakapan pendek (short conversations), percakapan panjang (long conversations), dan pidato.
Dalam percakapan pendek, Anda akan mendengar dialog antara dua orang yang kemudian diakhiri dengan beberapa pertanyaan yang disertai pilihan jawaban (A, B, C, dan D) untuk Anda pilih. Hal yang sama terjadi dalam percakapan panjang.
Sementara itu, dalam bagian pidato, Anda akan mendengar beberapa pidato, ceramah, atau kuliah yang disampaikan oleh seseorang degan durasi untuk 200 kata. Setiap pidato diakhiri dengan sejumlah pertanyaan disertai pilihan jawaban untuk Anda pilih.

2.    Structure and Written Expression (40 soal, 25 menit)
Dalam bagian ini, Anda akan menjumpai soal-soal yang berkaitan dengan tata bahasa (grammar). Tujuannya, menguji kemampuan Anda dalam memahamigrammar dan ungkapan-ungkapan yang lazim dalam bahasa Inggris. Cara menjawabnya adalah dengan memilih salah satu dari empat pilihan jawaban yang disediakan (A, B, C, dan D).

3.     Reading Comprehension (50 soal, 55 menit)
Reading comprehension menguji kemampuan Anda dalam memahami berbagai jenis bacaan ilmiah. Biasanya, Anda akan diberi minimal lima bacaan yang disertai dengan sejumlah pertanyaan tentang topik, isi, arti kata, arti kelompok kata, dan informasi terkait. Anda diminta memilih salah satu jawaban yang tepat dari empat pilihan jawaban yang tersedia (A, B, C, dan D).

v .CONTOH SOAL TOEFL

1.    _____ the demands of aerospace, medicine, and agriculture, aengineers, are creating exotic new metallic substances.
a)    Meet
b)   Being met are
c)    To meet
d)   They are meeting

2.    _______ James A. Bland, “Carry Me Back to Old Virginny” was adopted is the state song of Virginia in 1940.
a)    Was written b
b)   His writing was 
c)    He wrote the
d)   Written by

3.    Mary Garden, ______ the early 1900’s was considered one of the best singing actresses of her time.
a)    a soprano was popular
b)   in a popular soprano
c)    was a popular soprano
d)   a popular soprano in

4.    In the realm of psychological theory Margaret F. Washburn was a dualist _____ that motor phenomena have an essential role in psychology.
a)    who she believed
b)   who believed
c)    believed
d)   who did she believe

5.    I had finished cleaning the house when my friends arrived. this sentence means that ....
a)    We were cleaning the house together
b)   My friends did not see me cleaning the house
c)    My friends came before i started cleaning the house
d)   I stopped cleaning the house after my friends had come

6.    Dedi : "Arya, how do you inspec in our new criminals?"
Arya  :" I had the special agent......."
a)    Investigate
b)   B. Investigated
c)    C. Investigater
d)   D. Investigates

7.    Every student.... wear uniform in flag ceremony.
a)    Will
b)   Shoul
c)    Must
d)   May
ANSWER:
1.    (C) To meet
Pembahasan : Pola infinitive phrase: to infinitive + object of to infinitive. Kalimat tersebut menyatakan tujuan atau maksud. Maka dibutuhkan to infinitive prhase. Sehingg pilihan phrase yang tepat untuk mengisi rumpang tersebut adalah to meet.
2.    (D)Written by
Pembahsan : Kalimat di atas membutuhkan Adjective Phrase untuk menerangkan kata benda “Carry Me Back to Old Virginny”. Frasa ajektif yang paling tepat adalah Written by. Mengapa disebut frasa ajektif, karea past participle (v3)yang tidak ditemani bentuk be atau have adalah sebuah ajektif.
3.     (D) a popular soprano in
pembahasan: Kalimat pada soal membutuhkan Appositive Phrase. Mary Garden dan appositive phrase (a popular soprano) memiliki makna yang sama. Maka jawaban yang tepat adalah a popular soprano in.
4.     (B) Who believed 
Pembahasan: Untuk menerangkan kata benda a dualist maka klausa yang tepat adalah who believed.
5.    (:B) My friends did not see me cleaning the house.
Pembahasan : Kalimat I had finished cleaning the house when my friends arrived dapat diartikan: Saya telah selesai membersihkan rumah ketika teman-teman saya telah datang.Artinya teman-teman subjek tidak melihatnya membersihkan rumah.
6.     (A) Investigate
Pembahasan: Had (bentuk past dari have) adalah salah satu causative verb. Have diikuti oleh bare infinitive (V1). jadi jawaban yang tepat untuk kalimat tersebut adalah investigate
7.    (C) Must
Pembahasan: Kalimat tersebut dapat dilengkapi dengan ungkapan "keharusan". Modal yang tepat untuk kalimat tersebut adalah must (harus).

SOURCE:
eduworld.co.id
studentnationaleducation.blogspot.co.id
tipsbelajarbahasainggris.com
http://www.geniustoefl.com/artikel-ilmu-kunci-toefl/artikel/structure-and-written-expression/contoh-soal-toefl-structure-and-written-expression

Tidak ada komentar:

Posting Komentar