v
PENGERTIAN TOEFL
TOEFL (Test of English as a Foreign
Language) merupakan test yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan
seseorang dalam berbahasa Inggris. Test ini ditujukan bagi orang yang tidak
menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya. Umumnya, test ini
digunakan sebagai salah satu prasyarat bagi seseorang yang ingin melanjutkan
studi atau bekerja di suatu negara yang menggunakan Bahasa Inggris dalam
komunikas sehari-hari. Selain TOEFL, masih ada beberapa jenis test lain yang
hampir sama, yaitu IELTS, TOEIC dan ESOL.
TOEFL dikembangkan dan dikeluarkan
oleh ETS (Educational Testing Service) yang berpusat di New Jersey, USA. tes
TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test.
Selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja
sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.
Test ini pertama kali diperkenalkan
pada tahun 1963. Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan
diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
1.
listening
comprehension,
2.
grammar structure and
written expression,
3.
reading comprehension,
and
4.
writing.
Toefl juga diperlukan untuk
memastikan bahwa siswa-siswa dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut
dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik. Antara
lain untuk :
1.
Memastikan bahwa
mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris
(listening skill).
2.
Mahasiswa memahami
buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
3.
Mahasiswa mampu
membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar
skill).
Ada dua macam TOEFL, yaitu
Institutional TOEFL dan International TOEFL. Penyelenggara dari International
TOEFL adalah kantor di Amerika, dengan menunjuk lembaga-lembaga khusus yang
tersebar di seluruh dunia. Adapun Institutional TOEFL biasanya diselenggarakan
oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa Inggris terkemuka, dimana soal-soal
yang diujikan tetap mengacu pada model soal international TOEFL. Artinya,
secara model dan tingkat kesulitan soal bisa dibilang realtif sama. Bedanya,
khusus untuk tes Intitutional TOEFL, sertifikatnya tidakdiakui secara
internasional
v
JENIS-JENIS TOEFL
1.
Paper-Based
Testing (PBT)
merupakan bentuk TOEFL Test yang menggunakan lembar
jawaban berupa kertas. Ini merupakan sistem test pertama yang dikeluarkan oleh
ETS. Dalam PBT, test yang dilakukan meliputi listening, structure dan reading.
Rentangan skor yang diberikan adalah 310-677.
Selain itu, waktu yang diberikan untuk mengerjakan
test ini sekitar 2-2,5 jam. Tapi, sejak bulan April 2006, test ini sudah tidak
digunakan lagi di Indonesia. Saat ini, test ini masih digunakan di negara yang
belum memiliki sistem test iBT.
2.
Computer-Based
Testing (CBT)
merupakan test yang tak lagi menggunakan kertas. Semua
test dilakukan dalam suatu komputer menggunakan software tertentu. Sistem test
ini muncul pada tahun 1998. Kemampuan yang diujikan meliputi listening,
structure, reading dan writing. Pada sistem ini, rentangan skornya adalah 0-300
dengan waktu pengerjaan antara 2-2,5 jam.
3.
Internet-Based Testing
(IBT)
merupakan test yang paling populer dan banyak
digunakan. Sistem test ini juga berbasis komputer, hanya saja test ini
terhubung dengan jaringan internet, dengan demikian, test dilakukan secara
online. Sistem test ini mulai dipublikasikan dan digunakan pada tahun 2005,
tapi baru digunakan di Indonesia pada tahun 2006. Kemampuan yang diujikan
meliputi reading, listening, writing dan speaking. Walau sistem ini banyak
digunakan, tapi masih ada beberapa negara yang menggunakan sistem PBT.
v
BAGIAN-BAGIAN TOEFL
Seperti apa bentuk soal TOEFL?
Tentu, Anda dapat melihatnya di beragam buku yang membahas TOEFL. Sebagai
gambaran awal, TOEFL biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu pemahaman dalam
mendengarkan (listening comprehension), struktur dan ungkapan tertulis
(structure and writing expression), dan pemahaman bacaan (reading
comprehension).
1.
Listening
Comprehension (50 soal, 30-40 menit)
Bagian ini menguji seberapa besar
kemampuan Anda dalam mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Percakapan
ini terdiri dari percakapan pendek (short conversations), percakapan panjang
(long conversations), dan pidato.
Dalam percakapan pendek, Anda akan
mendengar dialog antara dua orang yang kemudian diakhiri dengan beberapa pertanyaan
yang disertai pilihan jawaban (A, B, C, dan D) untuk Anda pilih. Hal yang sama
terjadi dalam percakapan panjang.
Sementara itu, dalam bagian pidato,
Anda akan mendengar beberapa pidato, ceramah, atau kuliah yang disampaikan oleh
seseorang degan durasi untuk 200 kata. Setiap pidato diakhiri dengan sejumlah
pertanyaan disertai pilihan jawaban untuk Anda pilih.
2.
Structure and Written
Expression (40 soal, 25 menit)
Dalam bagian ini, Anda akan
menjumpai soal-soal yang berkaitan dengan tata bahasa (grammar). Tujuannya,
menguji kemampuan Anda dalam memahamigrammar dan ungkapan-ungkapan yang lazim dalam bahasa
Inggris. Cara menjawabnya adalah dengan memilih salah satu dari empat pilihan
jawaban yang disediakan (A, B, C, dan D).
3.
Reading Comprehension (50 soal, 55 menit)
Reading comprehension menguji
kemampuan Anda dalam memahami berbagai jenis bacaan ilmiah. Biasanya, Anda akan
diberi minimal lima bacaan yang disertai dengan sejumlah pertanyaan tentang
topik, isi, arti kata, arti kelompok kata, dan informasi terkait. Anda diminta
memilih salah satu jawaban yang tepat dari empat pilihan jawaban yang tersedia
(A, B, C, dan D).
v
.CONTOH SOAL TOEFL
1.
_____ the demands of
aerospace, medicine, and agriculture, aengineers, are creating exotic new
metallic substances.
a)
Meet
b)
Being met are
c)
To meet
d) They are meeting
2.
_______ James A.
Bland, “Carry Me Back to Old Virginny” was adopted is the state song of
Virginia in 1940.
a)
Was written b
b)
His writing was
c)
He wrote the
d)
Written by
3.
Mary Garden, ______
the early 1900’s was considered one of the best singing actresses of her time.
a)
a soprano was popular
b)
in a popular soprano
c)
was a popular soprano
d)
a popular soprano in
4.
In the realm of
psychological theory Margaret F. Washburn was a dualist _____ that motor
phenomena have an essential role in psychology.
a)
who she believed
b)
who believed
c)
believed
d)
who did she believe
5.
I had finished
cleaning the house when my friends arrived. this sentence means that ....
a)
We were cleaning the
house together
b)
My friends did not see
me cleaning the house
c)
My friends came before
i started cleaning the house
d)
I stopped cleaning the
house after my friends had come
6.
Dedi : "Arya, how
do you inspec in our new criminals?"
Arya :" I had the special
agent......."
a)
Investigate
b)
B. Investigated
c)
C. Investigater
d)
D. Investigates
7.
Every student.... wear
uniform in flag ceremony.
a)
Will
b)
Shoul
c)
Must
d)
May
ANSWER:
1.
(C) To meet
Pembahasan : Pola infinitive phrase: to infinitive + object of to infinitive. Kalimat
tersebut menyatakan tujuan atau maksud. Maka dibutuhkan to infinitive prhase. Sehingg
pilihan phrase yang tepat untuk mengisi rumpang tersebut adalah to meet.
2.
(D)Written by
Pembahsan : Kalimat di atas membutuhkan Adjective Phrase untuk menerangkan kata benda “Carry Me Back to Old Virginny”. Frasa ajektif yang paling tepat adalah Written by. Mengapa disebut frasa ajektif, karea past participle (v3)yang tidak ditemani bentuk be atau have adalah sebuah ajektif.
Pembahsan : Kalimat di atas membutuhkan Adjective Phrase untuk menerangkan kata benda “Carry Me Back to Old Virginny”. Frasa ajektif yang paling tepat adalah Written by. Mengapa disebut frasa ajektif, karea past participle (v3)yang tidak ditemani bentuk be atau have adalah sebuah ajektif.
3.
(D) a popular soprano in
pembahasan: Kalimat pada soal membutuhkan Appositive Phrase. Mary Garden dan appositive phrase (a popular soprano) memiliki makna yang sama. Maka jawaban yang tepat adalah a popular soprano in.
pembahasan: Kalimat pada soal membutuhkan Appositive Phrase. Mary Garden dan appositive phrase (a popular soprano) memiliki makna yang sama. Maka jawaban yang tepat adalah a popular soprano in.
4.
(B) Who believed
Pembahasan: Untuk menerangkan kata benda a dualist maka klausa yang tepat adalah who
believed.
5.
(:B) My friends did
not see me cleaning the house.
Pembahasan : Kalimat I had finished cleaning the house when my friends arrived dapat diartikan: Saya telah selesai membersihkan rumah ketika teman-teman saya telah datang.Artinya teman-teman subjek tidak melihatnya membersihkan rumah.
Pembahasan : Kalimat I had finished cleaning the house when my friends arrived dapat diartikan: Saya telah selesai membersihkan rumah ketika teman-teman saya telah datang.Artinya teman-teman subjek tidak melihatnya membersihkan rumah.
6.
(A) Investigate
Pembahasan: Had (bentuk past dari have) adalah salah satu causative verb. Have
diikuti oleh bare infinitive (V1). jadi jawaban yang tepat untuk kalimat
tersebut adalah investigate
7.
(C) Must
Pembahasan: Kalimat tersebut dapat dilengkapi dengan ungkapan "keharusan".
Modal yang tepat untuk kalimat tersebut adalah must (harus).
SOURCE:
eduworld.co.id
studentnationaleducation.blogspot.co.id
tipsbelajarbahasainggris.com
http://www.geniustoefl.com/artikel-ilmu-kunci-toefl/artikel/structure-and-written-expression/contoh-soal-toefl-structure-and-written-expression
Tidak ada komentar:
Posting Komentar